Mempersiapkan Presentasi di Depan Investor

1:02 PM

Mempersiapkan Presentasi di Depan Investor

Mempersiapkan Presentasi di Depan Investor
Katakanlah, anda sudah mendapatkan jadwal pertemuan dengan investor potensial .  Nah, tentu Anda harus bersiap-siap bukan? Anda harus terlebih dahulu memahami siapa saja bakal audiens dan tujuan dari pertemuan tersebut. Juga sangat penting untuk benar-benar memahami situasi sebelum mengadakan presentasi. Anda tak ingin tampil mengecewakan bukan?
Garr Reynolds dari Presentasi Zen memberikan daftar pertanyaan berikut untuk dipakai mengukur dan memahami audiens Anda sebelum Anda membuat presentasi ke investor. Berikut pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya.
Berapa banyak waktu yang saya miliki?
Biasanya , pertemuan pertama dengan seorang investor akan berlangsung 45 menit sampai satu jam . Datanglah 15 menit lebih awal. Siapkan meja presentasi agar anda bisa presentasi 20 menit. Hormati waktu yang mereka telah diberikan . Jika waktu dirasa terlalu pendek , cobalah untuk tidak merasa tertolak dahulu. Jika seorang investor kelihatan tidak tertarik, bersikaplah tenang, hormat dan tetap profesional.
Seperti apa tempatnya?
Anda biasanya akan hadir dalam rapat di lokasi mereka . Kemudian, sebuah kunjungan ke perusahaan Anda biasanya merupakan langkah berikutnya dalam proses evaluasi investasi.
Kapan waktu pertemuannya ?
Usahakan Anda menyetujui waktu yang diusulkan oleh investor, kapanpun itu.
Siapa audiensnya ?
Cobalah untuk mencari tahu siapa saja anggota tim investor akan menghadiri sesi . Anda juga boleh menanyakan apakah ada orang lain yang akan berada di ruangan ( misalnya , konsultan luar ) .
Apa latar belakang mereka ?
Pertanyaan ini sangat penting untuk membantu menyesuaikan pembicaraan Anda . Apakah Anda akan berbicara dengan investor teknis yang cerdas dengan pengalaman mendalam? Atau Anda akan bertemu investor umum? Apakah mereka memiliki koneksi untuk membantu Anda mendapatkan pembiayaan atau dapatkah mereka membantu Anda membangun perusahaan Anda lebih lanjut ? Bertanyalah dan dapatkan informasi sebanyak mungkin tentang mereka dari awal.
Apa yang mereka harapkan dari kita ?
Investor umumnya mengharapkan calon rekanan yang profesional , dengan presentasi yang strategis, demonstrasi dari inovasi Anda ( jika diperlukan ) dan dokumen yang bisa ditinggalkan untuk mereka. Jangan datang tanpa membawa dokumen sama sekali.
Mengapa saya diminta untuk berbicara ?
Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, pertemuan ini merupakan langkah penting untuk menilai apakah investor akan terus menjajaki peluang yang Anda tawarkan. Investor akan menilai Anda, tim Anda dan peluang bisnis Anda, serta bagaimana Anda menangani pertanyaan dan keberatan mereka. Para investor ingin mengkonfirmasi bahwa Anda adalah seseorang bisa diajak kerjasama, dapat membangun sebuah perusahaan dan meningkatkan pendapatan.
Apa yang saya inginkan dari mereka?
Anda harus berpikir tentang apa yang ingin Anda capai dari pertemuan tersebut . Apakah Anda ingin pindah ke tahap berikutnya dalam due diligence ? Apakah Anda ingin mereka untuk menyediakan pembiayaan atau sekadar pembiayaan awal? Investor biasanya memiliki mandat investasi yang sangat spesifik . Meskipun tawaran Anda mungkin tidak cocok bagi mereka , kebanyakan investor akan memberikan saran dan meninggalkan kontak mereka jika Anda telah meyakinkan mereka bahwa Anda memiliki proposal bisnis yang menarik.
Media visual apa yang paling sesuai untuk presentasi tersebut?
Biasanya presentasi PowerPoint disajikan dengan menggunakan overhead projector. Tanyakan terlebih dahulu soal ketersediaan media ini.
Apa tujuan mendasar dari pertemuan ini ?
Investor dapat membantu membangun perusahaan Anda dengan menyediakan akses ke pendanaan atau membuka jaringan bisnis mereka. Anda ingin mereka menerima konsep Anda dan membuat perusahaan Anda bergerak ke tahap berikutnya yaitu due dilligence. Hanya saja, tidak mungkin mereka mereka akan langsung membuka buku cek sebelum mereka menyelesaikan tahahpan due diligence.
Apa inti ceritanya? Apa hal paling pokok dari diri saya? Atau apa yang ingin Anda kesankan kepada investor setelah Anda telah meninggalkan pertemuan?
Komunikasikan proposal bisnis fundamental Anda  secara terang benderang. Apa saja kesulitan yang dihadapi bisnis Anda di pasar? Bagaimana solusi Anda dalam memecahkan masalah bisnis ini? Apa kebutuhan Anda yang coba Anda penuhi? Apa keunggulan kompetitif yang berkelanjutan yang Anda berikan ? Anda harus menunjukkan dalam presentasi nanti bahwa Anda dan perusahaan Anda adalah mitra tepat untuk melaksanakan rencana bisnis Anda .
Presentasi Anda adalah langkah nyata pertama dalam menjual usaha Anda dan dilanjutkan dengan due diligence investor . Mereka akan menilai cara Anda menyajikan presentasi, menilai tingkat profesionalisme Anda dan menilai bagaimana Anda menanggapi pertanyaan atau tantangan investor. Yang pasti, mereka akan membuat keputusan apakah Anda memiliki kecocokan dengan mereka untuk diajak bekerja sama dalam jangka panjang. Jadi, pastikan Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan materi dan presentasi Anda agar investor tertarik untuk melakukan due diligence.
Hal lain yang perlu Anda siapkan adalah menentukan terlebih dahulu siapa saja yang akan hadir. Anda juga perlu gladi resik. Karena presentasi akan berlangsung sekitar 20 menit dan melibatkan sekitar 10 slide , tidak boleh ada lebih dari dua orang yang berpresentasi. CEO bersama direktur teknis atau keuanganlah yang harus membuat presentasi.
Referensi
Reynolds, G. (2008).Presentation Zen: Simple Ideas on Presentation Design and Delivery. Berkeley, CA: New Riders.
Sumber : www.marsdd.com
Previous
Next Post »